Jumat, 14 Maret 2014

Veneer Gigi, Solusi Merapikan Gigi


Apakah senyum indah menawan dengan deretan gigi yang tersusun rapi dan putih cemerlang merupakan keinginan anda? Tetapi perawatan orthodontik dengan pemasangan kawat gigi bukanlah pilihan anda, maka veneer gigi mungkin merupakan solusi yang tepat untuk mewujudkan keinginan anda tersebut. Dengan veneer gigi, gigi-gigi yang kurang rapi dapat terlihat lebih rapi hanya dengan satu atau dua kunjungan saja ke dokter gigi.
Apa yang dimaksud dengan veneer gigi?
Veneer merupakan lapisan tipis dari bahan sewarna gigi yang direkatkan di atas permukaan email gigi dengan tujuan untuk memperbaiki estetika gigi.
Edukasi kali ini mengenai veneers… so bagi yang belum tau keajaiban ilmu kedokteran gigi yang satu ini silahkan baca lebih lanjut… avra kedabra!!! :mrgreen:
Veneer merupakan lapisan tipis porcelain pada gigi yang dilekatkan dengan resin luting. Keuntungan porcelain veneer dibandingkan mahkota porcelain-logam, mahkota selubung (jaket) adalah dipertahankannya struktur gigi. Pada teknik ini, karena preparasi gigi dilakukan terbatas pada email bagian luar  saja, struktur gigi dipertahankan dan pulpa terlindung, oleh karena itu mengurangi gejala-gejala tidak nyaman seperti karies sekunder dan hipersensitivitas. Veneer itu seperti make up di wajah yang bisa menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan yang dicapai tanpa merusak gigi asli anda atau dengan kata lain veneer sebenarnya menyempurnakan bentuk gigi anda yang rusak sehingga didapat “smile make over” yang kereeeen :)
Berdasarkan bahan materialnya maka veneer gigi dibedakan menjadi veneer porselen dan veneer komposit.
Veneer porselen
Sesuai dengan namanya, maka veneer jenis ini terbuat dari material porselen dimana keunggulannya :
  • Lebih kuat dan tahan lama
  • Estetika lebih baik
  • Tidak mudah berubah warna

Veneer komposit
Veneer ini terbuat dari bahan komposit ( bahan tambalan sewarna gigi ), keunggulannya :
  • Permukaan email gigi yang diasah lebih sedikit
  • Dapat dibuat langsung di mulut pasien
  • Lebih mudah diperbaiki bila rusak
  • Lebih ekonomis

Akan tetapi terdapat kekurangannya :
  • Secara estetika tidak sebaik veneer porselen
  • Lebih mudah berubah warna
  • Tidak sekuat veneer porselen
Ceramic Veneer
Lumineer veneer (khusus modifikasi veneer yg satu ni lapisan veneers-nya paling tipisss) dibandingkan dengan bahan yang lain,hampir seperti kulit telur! dan tanpa preparasi!


Veneer gigi merupakan pilihan alternatif perawatan selain perawatan orthodontik ( kawat gigi ) untuk kondisi seperti berikut :
  • Gigi – gigi yang berjejal dengan derajat ringan
  • Celah antar gigi
  • Bentuk, ukuran dan warna gigi yang kurang ideal
  • Gigi yang berubah warna akibat konsumsi obat antibiotika golongan tetrasiklin
  • Diastema (ruang yang terdapat diantara dua buah gigi yang berdekatan yang terjadi karena ketidaksesuaian antara lengkung gigi dengan lengkung rahang. Misalnya ukuran rahangnya normal, tapi ukuran gigi nya kecil kecil…) tapi khusus ini ada cara lain yaitu pemasangan braces/kawat gigi sudah bisa dilakukan dengan beberapa syarat tertentu. ;). PERHATIKAN MY AUNTY MADONNA ternyata gigi dia tuh diastema lho… :mrgreen:
  • Gigi anda pendek… atau gigi insisif/seri anda lebih pendek dari saudara-saudara di sekitarnya sehingga ketika anda senyum orang malah kaburrr… karena bukan gigi yg menonjol tapi malah gusi anda (gummy smile) hehhehehe. upss bukan kok! maksudnya ketika anda senyum gigi anda tidak berada pada smile line yang tepat (posisi ujung gigi seri atas anda/insisal TIDAK mengikuti lengkung bibir bawah anda ketika senyum.
  • Karies yang meluas pada permukaan gig depan anda atau gigi anda… atau bisa juga dibilang penghancuran gigi yang disebabkan infeksi dan menghancurkan struktur gigi anda (bisa keropos diantara gigi dll. coba search di google).
Hasil yang cepat dengan susunan gigi yang rapi dan tampilan gigi yang lebih natural tanpa melakukan perawatan orthodontik ( pemasangan kawat gigi ), maka veneer gigi mungkin merupakan jawaban anda. 

veneer 3veneer 2







 sementara ini anda semakin penasaran dengan veneeers? mari kita lihat beberapa ilustrasi pemasangan veneers, serta before n after nya:
BERKILAU SENYUMNYA KARENA VENEER:
gambar yg terakhir ada kumisnya… :mrgreen:
LHO DITEMPEL-TEMPEL GITU YA???… iya dong… penjelasannya gue kasih di bawah :
Gigi yang akan di veneer diobservasi dulu ama dokternya. Kalo udah ketemu case nya dan diagnosa yang tepat mengapa hal tsb terjadi maka akan dilakukan tindakan sebelum veneer, preparasi atau membuang sedikit jaringan gigi (ingat yaa… dikitttt sekaleeee! hanya berkisar 1-2 mm atau tergantung dari jenis veneer yg dipakai dan berbeda banget sama di jacket yaitu preparasinya lumayan tebal krn memasukkan lapisan jaketnya kan dibutuhkan ruang yang cukup…) 
Pengerjaannya terbagi direct dan indirect…
  • Direct Veneer langsung dilakukan dalam satu kunjungan dan dengan material komposit atau plastik. 
  • Indirect veneer dapat berupa material komposit atau lebih umum, sebuah bahan porselen.
Masalah harganya bermacam macam tergantung pasaran dokternya coz dimana2 harga sebuah jasa dalam ilmu ekonomi berbeda penilaiannya tergantung kualitas dan kuantitas ;) untuk pasaran palembang range nya 300rb- sampe 2 juta per gigi. dan konon katanya di ibukota jakarta veneer dihargai 3-7 juta per gigi. what a wonderful price!!!
Setelah mengerti kelebihan yang bisa ditonjolkan oleh veneers mari kita bahas kontra nya, atau kekurangannya… ya setiap kelebihan pasti ada kekurangan, mari kita liattt...:D
  • Pemakaian veneer adalah sebuah komitment seumur hidup! Dengan kata lain rata2 gigi yang telah di veneers sebelumnya dipreparasi dulu (baca diatas) sehingga jika tempelan veneer tersebut lepas akan mengakibatkan gigi asli anda yang di tempel veneer akan sangat kontras dengan gigi disekitarnya.
  • Yang namanya bikinan manusia, veneer pun bisa rusak/crack–retak/pecah akibat beberapa kasus, hampir seluruh orang yang pernah di veneers meng-aplikasikan night guard jika mereka tidur! night guard adalah sebuah plat yang diletakkan di salah satu barisan gigi anda.
  • Siap keluar duit… hehhhehe. krn jujur saja veneers ini bisa dibilang tidak murah!


Sumber :

pict :
republika.co.id

4 komentar:

  1. Gigi Aku seperti Gigi Madonna. Kisaran harga veneer nya berapaan yah?? #medan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Thanks artikel nya bermanfaat bgt. Gigi depan aku juga renggang, dan itu gak enak banget dilihat nya. Btw, aku lagi cari-cari klinik yang bagus untuk pasang Veneer, denger-denger ada klinik terlengkap di Jakarta nama nya The Clinic Beautylosophy, kata sepupu disana dokter-dokter nya recommended banget dan lihat hasil testi di Instagram nya juga baguss... Mungkin, kalo ada yang tau/pernah perawatan Dental di The Clinic Beautylosophy boleh share yaa

    BalasHapus