Jumat, 17 Januari 2014

Penyebab Jantung Berdebar Cepat



Guys, kali ini aku mau ngebahas soal jantung. Kita pasti pernah merasakan jantung kita berdebar, tapi kebanyakan dari kita tahunya kalau jantung berdebar itu karena kaget atau malah justru sedang jatuh cinta. Memang benar, tapi, ternyata jantung berdebar cepat alias deg-degan itu bukan selalu sedang jatuh cinta loh :P


Normalnya orang dewasa memiliki detak jantung sekitar 60 hingga 100 detak setiap menitnya apabila jantung yang sering berdetak lebih dari 100 detik setiap menitnya harus hati-hati lho. Siapa tahu kalian mengalami Tachycardia yang merupakan gangguan kesehatan dan terjadi karena adanya dorongan elektrik dari tubuh yang membuat sinyal pada jantung untuk memompa terus menerus biasanya terjadi karena gangguan dorongan elektriknya.

Kondisi tersebut tentunya akan menjadi sangat berpengaruh terhadap aktivitas temen-temen sehari-hari sehingga terganggu, hal tersebut tak terlepas dari "cara sehat" kita yang ternyata ga bener. Berikut ini adalah hal yang menyebabkan jantung terasa lebih cepat berdetak:
  1. Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab jantung anda berdetak terlalu kencang dan tak lain adalah karena semakin sempit dan tebal dinding arteri asehingga aliran darah akan sulit melewati arteri tersebut dan jantung akan selalu berupaya yakni dengan cara berdetak terus.
  2. Penyakit jantung jelas sekali akan masuk ke dalam penyebabnya, pengidap akan memiliki jaringan organ yang terganggu dan itulah yang membuat dorongan elektrik dari tubuh tidak stabil dalam memerintahkan jantung untuk berdetak.
  3. Sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang tak sehat? menurut National Heart, Lung and Blood Institute pengkonsumsian nikotan, alkohol dan juga kafein sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Sehingga membuat sinyal elektrik yang memerintahkan jantung untuk berdetak tidak bekerja dengan baik.
  4. Dehidrasi membuat tubuh kita terasa begitu sehingga membuat jantung untuk berdetak dengan cepat, dehidrasi membuat cairan di dalam tubuh semakin berkurang dan hal tersebut bisa merusak keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda. Jadi tak heran apabila jantung berdetak sangat cepat dan mengganggu.
  5. Anemia merupakan salah satu penyebab palpitasi jantung atau jantung berdebar. Hal ini merupakan kondisi dimana hemoglobin dalam darah tidak benar membawa oksigen ke seluruh sistem syaraf. Ini terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengambil suplemen zat besi secara teratur, dan perlu makan makanan yang sehat.

Kalo yang di atas tadi kan dari segi kesehatan, kalo dari segi "mitos" banyak yang bilang jantung berdebar itu karena lagi jatuh cinta juga. Ternyata itu bener loh :D, Nih coba liat pembahasan berikut :


Ketika seseorang melihat orang yang dicintainya maka kondisi ini akan sangat erat hubungannya dengan gairah fisiologis secara keseluruhan. Biasanya akan dimulai dengan detak jantung yang meningkat dan tubuh berkeringat.

Saat melihat orang yang dicinta maka otak akan mengirimkan sinyal ke kelenjar adrenal yang berfungsi mengeluarkan hormon seperti adrenalin, epinefrine dan norepinefrine. Hormon ini akan mengalir melalui darah dan menyebabkan jantung berdebar lebih cepat dan kuat.

Selain itu adanya hormon norepinefrine yang mengatur perhatian serta tindakan untuk merespons akan membuat seseorang merasa lututnya lemas. Orang yang sedang jatuh cinta akan mengalami aktivitas di daerah otak yang memproduksi neurotransmitter dopamin. Seperti diketahui bahwa dopamin dan norepinefiren berhubungan erat.

Dopamin yang diproduksi tersebut akan memberikan seorang perhatian yang terfokus, hasrat, euforia, energi dan motivasi yang kuat untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Meski begitu hal ini juga bisa berbahaya bagi orang yang memiliki masalah jantung serius. Karena jika detak jantung meningkat akan membuatnya menggunakan oksigen lebih banyak, kondisi ini bisa berisiko bagi orang yang memiliki penyumbatan pembuluh darah atau pernah mengalami serangan jantung sebelumnya. Tapi pengobatan tertentu bisa membantu mengurangi risiko yang ada, misalnya herbal dan medis.

Namun jatuh cinta juga memiliki manfaat bagi kesehatan, karena bisa membuat seseorang mengontrol rasa sakit lebih baik, mengurangi kecemasan, lebih optimis dan memandang hidup lebih positif. Kondisi ini tentu saja akan berpengaruh terhadap status kesehatannya secara menyeluruh.

Nah, temen-temen, kalo misalnya jantung berdebar itu disertai dengan :


  • Detak jantung cepat
  • Berdebar dan sensasi dada berdegup
  • sakit kepala
  • sesak nafas
  • nyeri dada
Maka gejala-gejala tersebut jangan dianggap sepele, karena jika detak jantung yang berdebar cepat dan disertai gejala-gejala yang tidak biasanya akan beresiko pada penyakit jantung seperti aritmia (penyakit jantung berdebar). Jadi, segera periksakan ke dokter bila dirasa ada yang aneh pada tubuh kita :D

Semoga bermanfaat^^





Sumber :
http://forum.kompas.com/kesehatan/285403-4-hal-penyebab-detak-jantung-terasa-cepat.html
http://health.detik.com/read/2011/05/19/140634/1642532/763/penyebab-ltigtdeg-deganlt-igt-saat-melihat-orang-yang-ditaksir?l771108bcj
http://obatjantungberdebarterbaik.wordpress.com

5 komentar:


  1. Rasa jantung berdebar boleh menjadi tanda-tanda awal penyakit jantung. Sebaik-baiknya kita tahu apa punca jantung berdebar pada diri kita kerana penyakit ini jika tidak dirawat ia boleh mendatangkan pelbagai komplikasi pada kemudian hari.

    BalasHapus
  2. Saya seperti pertanda yang diatas.tp apakah kelanjutannya akan mendatangkan komplikasi nntinya.krn didokter jarang ad obatnya.krn saya ga kerumah sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik di cek ke dokter tdk ada salahnya mbak... saya kurang tahu krn saya hanya menggabungkn beberapa informasi dr bbrp blog...

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus