Jumat, 14 Maret 2014

Diamond Teeth, Amankah ?


Bagi orang awam, istilah berlian gigi memang jarang di kenal. Berlian gigi adalah berlian yang biasanya dipasang di bagian gigi atas sebelah kanan atau kiri untuk memperindah senyum. Bahan yang dipakai, sebenarnya bukan berlian asli. Biasanya, dokter memakai zircon (sejenis bebatuan mineral). 

Pemasangan perhiasan seperti berlian dan kristal termasuk salah satu alternatif untuk mempercantik gigi. Bisa dipasang di salah satu atau seluruh bagian gigi. Kanye West, Lil Wayne, Nelly dan Lana Del Rey termasuk selebriti yang mempopulerkan tren ini.

Amankah memasang benda asing bagi kesehatan gigi dan mulut? Menurut Prof. drg. Heriandi S. SpKGA., PhD., pemasangan berlian tidak berbahaya selama bahannya memang didesain aman untuk gigi.

"Itu juga bukan berlian asli. Dibuat sedemikian rupa menyerupai berlian. Warnanya juga bisa dipilih ada merah dan putih. Kalau tertelan juga nggak ada masalah. Dibuatnya memang aman," tutur Heriandi, saat berbincang dengan wolipop di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKGUI), Salemba, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Citra Gemaradhita, dokter gigi di Citra Beauty Center Dental Care menambahkan, material untuk perhiasan gigi umumnya terbuat dari zircon --sejenis bebatuan mineral. "Ada beberapa komponen berlian tapi tidak asli berlian," ujar drg. Citra kepada wolipop di tempat prakteknya kawasan Jl. Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Meskipun aman, disarankan untuk melakukan pemasangan di dokter gigi yang memang memiliki spesialisasi di bidang estetika. Sebab, belum tentu semua dokter bisa melakukannya. Proses pemasangannya sendiri tidak terlalu lama, yaitu sekitar 10 menit untuk satu gigi. Biasanya memakan biaya mulai dari Rp 750ribu - Rp 1 jutaan.

Citra menjelaskan, proses pemasangan berlian dimulai dengan membersihkan gigi. Lapisan diasah di bagian gigi yang akan ditempeli berlian atau kristal. "Terus prosesnya sama seperti menambal gigi dengan sinar, dikasih acing, bonding, nanti disinar sampai menempel," terang wanita lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Moestopo ini. Lem yang digunakan adalah bahan tambal bracket atau bahan tambal sinar. Namun perlu diingat, saat pemakaian diamond teeth, kondisi gigi harus baik, sehat, bebas lubang dan tidak goyang


Untuk perawatannya cukup mudah. pemakai diamond teeth masih bisa makan seperti biasa dan menyikat gigi asal tidak terlalu keras. Karena daya tahan dari berlian gigi tergantung dari kondisi gigi dan cara perawatannya. Sebaiknya lebih teliti membersihkan hingga ke sela-sela gigi terutama di bagian yang dipakai berlian agar tidak terbentuk plak dan menimbulkan bau mulut


Berapa lama perhiasan bisa bertahan di permukaan gigi? Jawabnya, tidak tentu. Ketahanan berlian atau kristal umumnya tiga atau enam bulan. Tergantung prosedur saat pemasangan dan perawatannya.

"Kira-kira 6 bulan orang sudah ingin melepaskan karena alasan tidak nyaman atau copot," tuturnya.



Di Negara lain, tren memasang berlian gigi sudah ada sejak 2005. Tren ini tidak hanya dilakukan selebritis berkulit hitam, melainkan juga pada orang berkulit putih. Di Indonesia, tren ini mulai marak setelah Inul Daratista memakai diamond teeth pada setiap gigi. Setelah itu tren ini mulai digunakan orang awam, termasuk di Jawa Tengah. Di Semarang, mulai ada klinik-klinik gigi yang melayani pemasangan diamond teeth


Berbagai jenis perhiasan yang dipakai di gigi ternyata tidak hanya berlian, perhiasan gigi yang terbuat dari emas putih 18 karat, emas kuning 22 karat dan 24 karat, atau kristal kaca juga populer digunakan. Berbagai macam warna dan bentuk tersedia untuk perhiasan yang didesain khusus untuk gigi tersebut. Pemasangan perhiasan biasanya dilakukan pada gigi seri kedua rahang atas atau gigi taring rahang atas.
Penting diketahui bahwa pemakaian perhiasan di gigi ini tidak sembarangan, anda harus mengetahui keuntungan, kerugian, dan prosedur yang baik dalam pemasangannya. Keuntungan dari pemasangan perhiasan di gigi, semata-mata hanyalah untuk kepentingan fashion.
Kerugian yang mungkin diterima adalah, adanya gangguan proses pengembalian mineral yang hilang pada gigi (remineralisasi gigi) karena adanya prosedur pemberian bahan asam untuk melekatkan perhiasan tersebut di gigi.

Peminatnya pun banyak. Mereka sangat menikmati penampilan bersinar yang juga mampu menutupi gigi kurang sempurna



Sumber :

http://www.swarapurworejo.com/berita-berlian-gigi-atau-diamond-teeth-mulai-diminati.html
wolipop.com

3 komentar: