Sabtu, 01 Maret 2014

Meningkatkan Visitors Blog




Untuk menaikkan jumlah visitors, seorang blogger juga perlu untuk menata blognya agar lebih rapih dan membuat visitors betah berlama-lama di blog kita. Ada beberapa hal yang perlu kita atur, yaitu :

1. Template

Pilihlah template yang tepat, kalau bisa
yang banyak tombol sharenya, seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain. Jangan utamakan memilih template hanya karena lucu dan keren ajah, tapi kita juga harus membuat gimana supaya blog kita keren, simple dan ga ribet. Ga usah pake template yang item-item gelap-gelapan, yang penting visitors bisa baca deh. Di postingan selanjutnya akan gue bahas gimana milih template di luar template yang disediakan oleh blogger.com

2. Dekorasi

Untuk dekorasi, semuanya terserah kalian. No one can settings your blog except yourself kok ;;) Jadi, untuk urusan dekorasi pilih yang bikin visitors nyaman. Kalo menurut gue pribadi, jangan pake mouse yang blink-blink, yang digerakin ada bintang jatohnya getoh, soalnya itu bakal bikin visitors ribet (meskipun ga semua sih). Kalo mau pake musik sih sebenernya boleh-boleh ajah, hanya kalo saran gue pribadi sih mendingan jangan, soalnya ga semua visitors bisa konsentrasi baca dengan mendengar musik yang kita kasih di blog. Akibatnya visitors juga ga semuanya bakalan betah apalagi kalo dikasih musik metal gituh =)) . Ya dekorasi yang polos-polos ajah tapi keceh, tergantung selera ajah. Kalo bisa minta pendapat temen ajah gimana tentang blog kita, ada yang bikin risih atau ga, jadi kita bisa menyesuaikan dekorasi sama keinginan visitors.

3. Artikel

Artikel mah udah jelas bebas. Tapi kalo dari awal kalian udah komitmen buat pake tema tertentu, misalnya blog yang ngebahas tentang bola, itu right, good lah, tapi jangan sampe isi blog kalian tiba-tiba jadi melenceng soal percintaan. Ya kalo misalnya agak susah untuk nyari artikel yang temanya kayak gitu, atau memang lo orangnya bosenan, mending blog itu ga usah dikasih tema segala. Jadi biar ajah gaya seni lo mengalir di blog itu:D
Yang pantang kita bikin dalam artikel kita adalah kritik, saran, yang ga bermutu, atau menjelek-jelekkan orang. Pilih topik yang hot tapi ga bikin kita masuk penjara gara-gara pencemaran nama baik eaps ;;)

4. Gadget blog

Beberapa gadget wajib yang harus ada di blog lo yaitu recent post, translate, search, atau follow by email or tombol share gituan (tapi kadang-kadang tombol share tergantung template yang kita pilih, bukan gadget dari blogger.com). Labels juga boleh barangkali supaya visitors lebih gampang ngeliat artikelnya, dan profile kamu juga boleh sebagai tambahan. Jangan bikin blog kita ribet dengan banyak gadget.

5. Loading blog

Nah ini penting, biasanya kalo blog kita loadingnya lama itu bakalan bikin visitors yang mau liat artikel bagus malah ga jadi, dan akhirnya blog kita bisa-bisa mulai ditinggalin. Kalo misalnya blog kamu loadingnya lama, berarti tandanya keberatan gadget, biasanya yang bergerak-bergerak; iklan, gambar ikan bergerak, dsb. 


Cara Cek Kecepatan Di Google Page Speed:

  • Masuklah ke Google Page Speed
  • Ketik alamat blog di kolom yang tersedia
  • Tunggu beberapa saat hingga loadingnya selesai, maka akan muncul gambar seperti di bawah.

cek kecepatan loading blog

Semakin cepet loading blog, akan semakin bagus.

6. Sering-sering share

Kalo mau blog rame, sering-sering share artikel di jejaring sosial, seperti fb dan twitter. Misalnya setiap abis nambahin artikel baru


Sumber :
http://www.tugasku4u.com/2013/06/cek-kecepatan-loading-blog.html

LS5-2

1 komentar: