Jumat, 27 November 2015

Ketika Kerja Keras Kita Tidak Dihargai





Sorry temen-temen baru bisa balik lagi ngisi artikel lagi hari ini, ya soalnya banyak banget tuntutan tugas, ulangan tiap minggu, pokoknya bener-bener sibuk sejak awal masuk SMA...


But kembali lagi hari ini ngasi artikel buat kalian...

Jujur dari kelas 11 ini agak males dikit sih sebenernya, gak tau kenapa kurang semangat ajah, berasa udah bangkotan kali sekolah 14 tahun hahaha, jadi pelariannya sekarang buat refreshing lebih sering nonton drama Korea, film, atau dengerin musik, atau malah bikin konser sendiri di kamar.

Hari ini aku pengen ngebahas tentang “Pengorbanan”. Terkadang untuk mencapai sesuatu pasti butuh pengorbanan kan? Ya kayak misalnya mau dapet nilai bagus, pasti butuh pengorbanan melepaskan waktu bermain kita. Nah, dalam kehidupan kita pasti kita pernah berkorban ya walaupun kecil banget, sama halnya kalo pengorbanan itu gak cuman buat diri sendiri tapi juga buat orang lain. Kita bekerja keras buat kebahagiaan orang lain. Tapi gak semua orang itu menerima pengorbanan kita lohh, gak semua orang menerima hasil kerja keras kita, gak semua orang bisa menghargai jerih payah kita. Ketika di dunia kerja juga gitu, ketika kita bekerja keras terkadang belum tentu kita yang diberi apresiasi lah istilahnya.

Itulah hidup, terkadang apa yang kita pikirkan itu berbalik dengan kenyataan. Kita yang cape-cape bekerja, orang lain yang menikmati, kita yang gak dapet apa-apa. Memang namanya pengorbanan itu gak butuh dilihat orang lain, harus dengan ikhlas. Tapi pasti kita gak bisa memungkiri kalo kita butuh pengorbanan kita “dihargai” kan... Misalnya kita sering bantuin temen ini itu, memang bantuinnya ikhlas, tapi kita pasti butuh temen kita yang kita bantuin itu RESPECT sama kita, bertemen sama kita, dan menerima kita karena semua yang udah kita berikan. Contoh yang lain, kita bekerja lebih rajin dari pada temen-temen yang lain, kita ngasih ide, dan inovasi baru, tapi apa? Temen kita malah lebih dilihat dan lebih diapresiasi. Terkadang orang yang lebih banyak berkarya itu sulit diterima di masyarakat, malahan orang-orang yang banyak omong alias “speak doang” lebih bisa diterima orang lain. Memang sulit ngubah mindset dan pikiran orang jaman sekarang untuk menghargai orang yang bekerja keras karena itu semua bisa dilihat dari contoh pejabat sekarang, pejabat yang berkarya bagus sering di judge korupsi dan segelintir judge-judge sampah, sedangkan pejabat yang bisanya “speak doang” malah dibagus-bagusin gak taunya malah korupsi. Contohnya Sri Mulyani, pas masih jadi MenKeu buat Indonesia namanya di judge di mana-mana korupsi dan ngasih kebijakan yang gak bener buat Bank Century, liat sekarang jadi Gubernur Bank Dunia. Emang orang sering nge judge tanpa ngeliat karya kita.

Mungkin buat temen-temen yang sulit memahami, mungkin kata “Pengorbanan” itu bisa kita ganti dengan “Bantuan”...

Nah terus apa dengn begitu kita perlu berhenti buat bekerja keras, berhenti ngebantu orang lain kalo kita gak dihargai dan orang gak nerima hasil kerja keras kita?

Jawabannya tetep berbuat baik sejahat apapun orang sama kita. Tetep semangat untuk membantu orang lain, karena mungkin bantuan kita buat orang lain gak diterima dengan baik sama orang itu, tapi justru orang lain yang gak kita kasih bantuan malah bisa menghargai  dan bisa lebih respect dengan pengorbanan kita. Karena gak pernah ada kata sia-sia untuk berbuat baik, lakukan semua dengan ketulusan, dan tinggalkan kesan yang baik dari diri kita buat orang lain yang mungkin gak pernah ngehargain hasil kerja keras kita...


Mungkin karya kita gak diterima, kebaikan kita gak diterima, kerja keras kita gak diterima, tapi biarlah kebaikan kita meninggalkan kesan yang baik buat mereka-mereka yang tidak menghargai kita. Belajarlah bahwa tidak selamanya kita bisa membuat orang respect sama kita... Terus lakukan apa yang kita ingin lakukan untuk seneng dan happy-happynya kita ajah, jadi gak usah berpikir bagaimana pandangan orang dari apa yang kita lakukan.

Sumber gambar
ask.fm/defryanakbar
ask.fm/intanayudhiakk
twicsy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar