Sabtu, 11 Januari 2014

Akibat Begadang dan Kelelahan Berlebihan




Ini nih akibat begadang dan kelelahan  yang berlebihan!

Pernah ngerjain tugas dengan begadang? atau begadang untuk nonton TV, main game, dan lainnya?

Saatnya beresolusi mengenai pola istirahat kalian :D                          

Sebenernya, pola tidur yang baik adalah 7-8 jam sehari. Mereka tidur empat jam setiap hari atau hampir setiap hari, kemungkinan untuk meninggal lebih cepat. Tapi mereka yang tidur enam jam sehari, menurut penelitian dapat hidup lebih lama. Para ilmuwan di University of California, studi ini menunjukkan hubungan antara jangka waktu tidur dan tingkat kematian yang tinggi. Namun, tim peneliti belum berhasil mendapat jawaban di balik hubungan ini. Penjelasan lebih lengkapnya bisa dilihat di sini

Tapi, kadang-kadang kita suka melupakan tidur, alasannya karena tugas, film-film di TV yang menarik, ber-sosmed ria dan alasan-alasan lainnya yang membuat kita melalaikan pola istirahat atau pola tidur kita.

Pernah denger kan kalau segala sesuatu yang berlebihan itu ga baik? Nah guys, kalau kita tidur “terlalu (=berlebihan)” malam, berarti otomatis ada dampak yang ga baik juga :D
Beberapa organ tubuh kita seperti memang terus bekerja, pada jam-jam tertentu. Untuk pembaca yang mau tahu jadwal kerja organ tubuh kita, bisa klik  di sini  .
Kalau kita kelelahan karena begadang akan timbul berbagai macam resiko, seperti :



  • Tubuh menjadi tidak vit
  • Fungsi otak juga akan mengalami penurunan atau konsentrasi yang menurun, yang membuat kita menjadi ceroboh, misalnya kecelakaan. Profesor Juergen Zulley dari Regensburg University Hospital di Bavaria, Jerman mengatakan bahwa tidur diperlukan karena saat tidur otak kita mengalami regenerasi sel sehingga ketika bangun bisa bekerja dengan sempurna. 
  • Dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti ;  jantung (termasuk saat tidur terlalu lama, bisa menyebabkan jantung) karena organ tubuh bekerja terlalu keras.
  • Orang yang begadang jadi lebih mudah depresi dan sering marah-marah. Penelitian di Universitas Pennsylvania membuktikan bahwa porsi tidur kurang dari 5 jam per hari selama seminggu bisa menyebabkan stres, marah, sedih, dan depresi. Karena saat kurang tidur, badan kita jadi lemah dan otak tulalit, sehingga mood kita pun jadi nggak stabil.
  • Obesitas. Menurut J Catesby Ware dari Norfolk General Hospital, Amerika Serikat, kurang tidur bisa mengakibatkan perubahan hormonal yang meningkatkan napsu makan. Apalagi agar bisa tetap terjaga, kita sering mengunyah cemilan dan minum kopi. Otomatis, badan pun semakin membesar.
  • Mempengaruhi kesehatan kulit ; begadang juga bisa menyebabkan jerawat.
  • Bagi anak-anak dan remaja, saat-saat tidur merupakan saat-saat pertumbuhan, dengan tidur, badan kita akan bertambah tinggi sedikit demi sedikit walaupun tidak signifikan, tapi ga langsung nambah 10 cm pas bangun loh  yaa =)) Ini adalah mitos yang ada muatan faktanya. Tubuh bertumbuh dan berkembang justru pada malam hari, ketika kita sedang tidur nyenyak. Selama kita tidur, tubuh menginstruksikan tulang dan otot untuk bertumbuh dan bertambah melalui hormon pertumbuhan. Oleh karena itu, hindari begadang dan cukupi kebutuhan tidur.
  • Asam Lambung meningkat. Kafein juga mencetuskan buang air kecil yang berlebihan sehingga membuat kita bisa kekurangan cairan (dehidrasi). Apalagi jika kita bekerja di ruangan ber-AC, kita cenderung tidak haus dan kurang minum.  Menurut saya, tidak bijaksana kalau kita memaksa tubuh kita bekerja dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung kafein dan karbohidrat tersebut.
  • Tukak Lambung. Ada satu zat kimia TFF2 dalam usus yang bisa memperbaiki kerusakan jaringan. Nah, zat ini diproduksi ketika kita tidur. Karena itu, bila seseorang kekurangan tidur, maka akan menurunkan kadar zat tersebut sehingga mempertinggi kemungkinan mengidap tukak. Protein TFF2 meningkat 340 kali selama tidur. Protein ini mampu memperbaiki kerusakan dan mencegah terjadinya tukak pada alat pencernaan yang tidak dapat disembuhkan
Masih disebut dampak yang sepele? Nih, teman-teman perlu juga ngeliat contoh berikut ini :


·   Mita Diran,seorang copywriter yang meninggal dunia karena diduga terlalu kelelahan setelah bekerja terus menerus selama 30 jam (menurut kicauan twitternya) dan selama itu kondisi kesehatan beliau tidak diperhatikan. Kabar menyebutkan faktor penyebab kematian Mita Diran juga disebabkan oleh minuman energy drink. Peneliti mengidentifikasi penyebab utama yang memicu dampak tsb adalah kandungan kafein yang berlebihan. Pengaruh kafein mungkin menjadi semakin lebih kuat bila dikombinasikan dengan berbagai kandungan bahan lain di dalam minuman energi. Sehingga tampaknya dokter harus merekomendasikan kepada para orangtua bahwa sebaiknya melarang penggunaan minuman itu pada anak, remaja dan dewasa muda. Mungkin peringatan dan rekomendasi itu mirip dengan kasus rokok, alkohol dan narkotika.



·     Li Yuan  adalah seorang karyawan yang bekerja di bidang periklanan di China. Di usianya yang ke-24, Yuan diketahui meninggal pada bulan Mei 2013. Sebulan sebelumnya, Yuan diketahui seringkali bekerja terlalu keras dan tanpa henti. Dia seringkali bekerja lembur hingga pukul 11 malam di perusahaannya Ogilvy & Mather China.


·     Moritz Erhardt  adalah seorang karyawan intern di Bank of America, London. Erhardt meninggal di usia yang sangat muda, yaitu 21 tahun setelah ditemukan tak sadar di tempat tinggalnya. Meski penyebab kematiannya belum diketahui secara pasti, namun teman-temannya menduga bahwa itu dipicu oleh pekerjaannya. Erhardt diketahui mengalami serangan jantung setelah sekitar tiga hari bekerja tanpa berhenti. Salah seorang temannya menjelaskan bahwa Erhardt telah delapan kali bekerja lembur dan pada hari-hari terakhirnya dia tak tidur selama 72 jam, sekitar tiga hari, secara berturut-turut.


·     Karyawan Toyota, Jepang. Pada tahun 2008, seorang insinyur yang bekerja di perusahaan mobil Toyota diketahui meninggal setelah bekerja terlalu lama. Karyawan yang tak diketahui namanya tersebut berusia 45 tahun saat meninggal. pengacaranya, Mikio Mizuno, mengatakan bahwa sebelum meninggal pria tersebut tengah mengalami tekanan pekerjaan sebagai pemimpin dalam proyek pengembangan versi hybrid dari Toyota Camry. Selama dua bulan sebelum kematiannya, pria tersebut diketahui sering bekerja lebih lama dari jam kerja yang ditentukan. Dia bahkan sering bekerja di malam hari dan di hari libur.

Semua kasus yang udah dijelasin di atas merupakan kasus-kasus yang dilatar belakangi oleh faktor kelelahan. Ternyata, tidur penting loh kawans ;;)  jadi kita harus pandai mengatur waktu sehingga waktu istirahat kita tidak dikorbankan untuk hal-hal yang bisa kita kerjakan tanpa mengorbankan waktu istirahat. Untuk yang insomnia perlu dilakukan pengobatan supaya ga begadang mulu, ga perlu pake obat-obatan. 

Cukup ikuti tips-tips berikut :


-Buat tempat tidur senyaman mungkin

-Saat siang hari, lakukan kegiatan dengan gesit. Perbanyak kegiatan yang positif, lama kelamaan tubuh anda akan lelah sehingga cepat tidur.

-Jangan lakukan banyak aktivitas di tempat tidur, seperti laptop-an, main hape, dsb. Akibatnya, saat akan tidur, kita ingin memainkan hape atau laptop dalam kondisi tiduran di ranjang karena sudah menjadi zona yang nyaman. Kita akan terlalu asyik sehingga keinginan untuk tidur semakin berkurang.

-Jangan minum kopi maupun energy drink atau minuman lainnya yang mengandung kafein. Kafein membuat anda sulit ngantuk.

-Minum susu manis hangat sebelum tidur, dengan mengecap rasa susu yang manis tersebut, kemungkinan tubuh kita secara otomatis berkeinginan untuk tidur (pengalaman pribadi)

-Biasakan untuk mengatur jadwal tidur, lama kelamaan dicoba, kebiasaan begadang akan semakin berkurang.

Banyak juga para pelajar yang menggunakan SKS (Sistem Kebut Semalam). Sistem ini juga bisa dibilang membantu (gue udah nyoba sendiri setiap mau ulangan B-) ). Tapi, SKS akan mengorbankan waktu tidur kita guys :D selain itu hafalan yang kita hafalkan semalam akan lebih mudah menguap alias hanya beberapa yang dapat diingat dalam jangka waktu yang lama.

Berbeda dengan kita mencicil materi pelajaran dan mengulangnya lagi sehari sebelum ulangan akan membuat otak kita mengingatnya dalam jangka waktu yang lebih lama, dengan mencicil pelajaran juga akan membantu kita untuk mempelajari materi pelajaran dengan maksimal. Pelajaran seperti matematika akan sulit untuk menggunakan SKS karena matematika membutuhkan latihan terus menerus dengan motif soal yang bervariasi, sementara kalau menggunakan SKS, waktu kita akan terbatas untuk mempelajari berbagai motif soal.
Jangan lupa makan tepat waktu, jangan kita mengabaikan waktu yang seharusnya kita gunakan untuk makan. Telat makan (pola makan ga teratur) atau malah ga makan akan memperburuk kondisi tubuh kita. Misalnya jadi kurang bertenaga, mudah terserang penyakit karena asupan gizi kurang, asam lambung naik (maag). Kalau ga makan, tubuh kita jadi lesu, dan tentunya gampang lelah, dengan makan tepat waktu, tidur tepat waktu merupakan alternatif untuk mengurangi kelelahan yang berlebihan.

Beberapa ciri sakit maag :

1.      Perut kembung
2.      Mual dan muntah
3.      Kehilangan nafsu makan.
4.      Susah/sakit saat buang air besar
5.      Sering bersendawa
6.      Ciri-ciri lain
Ciri-ciri asam lambung lainnya adalah berkeringat tanpa sebab yang jelas (misalnya di ruangan dingin atau ber-AC), pingsan, denyut jantung menjadi lebih cepat, gangguan pencernaan dan cegukan.

Dengan makan, akan menambah energi dalam tubuh kita, jadi ga mudah lesu atau capek, jadi lebih bertenaga dalam beraktivitas :D
Perbanyak makan sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan-makanan yang bergizi sehingga ga kurang darah atau anemia. Selain itu pola istirahat harus teratur supaya badan kita ga gampang drop atau sakit. Memanage waktu itu sangat penting, dengan pola kegiatan kita yang teratur akan merangsang kita untuk gesit beraktivitas, dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita sendiri.

Fakta 4 sehat 5 sempurna
4 Sehat 5 Sempurna, ternyata bukan ukuran untuk menentukan  standar gizi dan kesehatan.  Ternyata bukan 4 Sehat 5 Sempurna yang menjadi faktor utama sehatnya sebuah keluarga, terpenuhinya gizi sebuah keluarga, tetapi lebih kepada seberapa besar dan seimbangnya gizi yang terkandung dalam makanan yang kita makan sehari-hari.
Percuma saja kita makan 4 Sehat 5 Sempurna, tetapi makannya juga tanpa aturan, tidak cukup 1 piring, malah 2-3 piring. Nasinya sedikit, tetapi sayurnya yang banyak, atau lauknya yang bisa sampai “segunung”, orang bilang ” makan daging lauk nasi! “
Kebutuhan gizi dengan satuan kalori untuk tiap-tiap umur juga berbeda. Untuk anak usia sekolah yang belum memasuki masa puber membutuhkan 1.600-2.500 kalori per hari. Memasuki masa transisi menuju usia dewasa, sebagian besar anak perlu meningkatkan asupan kalori menjadi 2.500-3.000 per hari. Jumlah ini juga disesuaikan dengan aktivitas anak sehari-hari. Anak aktif tentu lebih banyak membutuhkan asupan kalori.
Dengan demikian, ada yang perlu kita rubah dalam proses sosialisasi edukasi program  tersebut ke masyarakat. Cara pandang dan persepsi yang salah selama ini yang perlu kita luruskan. Masih banyak para orang tua yang sadar gizi untuk keluarganya. Peran guru-guru di sekolah juga jangan hanya menekankan pada empat sehat lima sempurna saja, tetapi juga gizi yang seimbang dari makanan tersebut.  Butuh peran serta semua pihak dalam rangka membenahi program 4 Sehat 5 Sempurna yang salah kaprah ini.


Ternyata sepele, tapi ada dampak negatifnya juga kan? Istirahat itu penting loh yaaa :D
Semoga bermanfaat ^^                    

                                         
Sumber :


                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar