Kamis, 06 November 2014

Rasanya Masuk SMA Itu....




Setelah sekian lama ga posting di blog, akhirnya bisa posting lagi...



Waktu itu emang ga kerasa banget, rasanya baru kemaren UN dan sekarang udah masuk SMA, ga kayak waktu SD ke SMP yang menurut aku ga terlalu jauh perbedaannya. Masuk SMA ini terbilang agak kaget, banyak hal yang beda banget. Mungkin kalo SMA lebih menekankan gimana sih supaya otak ini mau dipake buat mikir, kedisplinan, logika, dan struggle alias perjuangan.
Kalo udah SMA ga bisa SKS lagi, pokoknya itu udah harga mati dan ga bisa ditawar-tawar. Sekalinya kamu ga masuk, kamu kehilangan banyak materi. Sekalinya ga dengerin guru seterusnya kamu bakalan susah buat ngerti. Kalo mungkin di SMP, kalo belajar pasti hasilnya memuaskan banget. Tapi di SMA itu  aku ngerasain kalo ekspektasi sama kenyataan itu jauh banget. Misalnya ulangan sejarah, gue udah apal banget dan sampe udah ngelotok tapi malahan nilainya ga sesuai ekspektasi. Kurang inilah, kurang itulah, jawaban ga kayak anak SMA, dan masih banyak lagi. Aneh emang, dan di SMA itu persaingan ketat banget. Intinya semua temen elo bakalan nikmatin masa SMA sebaik mungkin dan mempergunakan kesempatan ini buat masuk perguruan tinggi yang bagus. Perjuangan harus lebih keras daripada SMA, dan nilai bagus itu bukan kayak SMP lagi belajar langsung dapet nilai bagus, di SMA harus belajar lebih dari yang diterangin guru.

Enaknya sih di SMA itu banyak presentasi, karena gue senengnya ngomong di depan kelas dan debat. Itu sih nilai plusnya....



Coba deh tips-tips berikut :

  • Selalu tepat waktu. Hargai waktu. Totalitas kamu dalam hal kedisiplinan akan membawa kamu ke arah kesuksesan
  • Selalu gunakan kesempatan. Intinya, kalo misalnya kamu ditunjuk masuk OSIS, panitia, dan lain-lain gunain kesempatan itu. Karena di SMA itu waktunya kamu buat belajar gimana kalo kerja dan masuk ke teamwork.
  • Selalu utamakan semangat  studi. Ambil bahan dari internet dan belajar lebih banyak daripada yang diterangin guru
  • Rajin-rajin mencatat
  • Selalu mencicil pelajaran. NO SKS (Sistem Kebut Semalam)
  • Selalu siapin tugas jauh-jauh hari, bahkan dari awal tugas itu diberikan biar menghasilkan tugas yang perfect sesuai keinginan guru.

Gitu deh tips-tips aku, intinya ketekunan adalah jalan untuk menuju keberhasilan. Tidak ada kesuksesan yang tidak melewati kegagalan. Tapi bukan berarti harus menjadi gagal, tapi harus mengusahakan kegagalan yang telah dilewati dan mempelajari kegagalan itu sehingga menjadi sukses. Kalau gagal terus, namanya tidak belajar dari pengalaman.



Semoga berhasil!^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar