Sabtu, 20 September 2014

Merasakan Damai Dalam Ekaristi



Aku mau share sedikit pengalaman aku....
Suatu hari, tepatnya hari minggu pas misa jam 5 sore di gereja aku pernah liat ada cewek dan cowok dateng ke gereja tapi ga on time. Kayaknya sih suami istri menurut pandangan aku, bisa dipanggil tante-om atau cici-koko. Ya udah deh panggil ajah tante-om. Sambil ngikutin misa, sambil nyanyi puji-pujian, aku tuh liat tante dan om ini yang kebetulan duduk tepat di depan aku, jadi mau ga mau ga sengaja liat gitu...


Ceritanya,tante sama om ini dateng ke gerejanya ga on time, kalo ga salah mulai bacaan entah bacaan pertama atau kedua mereka baru datang. Si om ini begitu duduk di tempatnya kayaknya sibuk banget oprek-oprek tas gitu cari-cari handphonenya. Pertama dia keluarin handphonenya, kedua dia keluarin handphone lagi. Kalo ga salah dia punya 3 handphone. Salah satu handphone itu berdering walaupun bunyinya ga gede-gede banget. Terus dia angkat, dengan santainya dia ngobrol dengan suara yang biasa ajah dan ga buru-buru matiin tuh telpon. Kalo aku jadi dia mungkin akan gue reject dan langsung di silent. Udah gitu om ini sempet nelpon orang juga buat nanyain hapenya itu dan ngobrol cukup lama padahal kan dia lagi di rumah Tuhan. Om ini kayaknya nyantai ajah tuh meskipun beberapa orang ngeliatin dia.

Udah selesai ngurusin handphonenya, dia langsung beresin yang tadi berantakan dan mulai duduk dengan tenang. Puji Tuhan si om udah tenang karena sebenernya cukup mengganggu aktivitas dia ini. Eh ga lama kemudian, si om ini sibuk lagi, kali ini dia ngambil sekantong permen dari tasnya, kemudian ngunyah dengan santainya. Oh ya, si tantenya udah ngingetin berkali-kali ke om ini supaya bisa lebih tenang di gereja, tapi si om ga menghiraukannya. Huftt, sampe-sampe tante-tante sebelah aku ngeliatin dia terus karena cukup mengganggu. Si om ini ga ngikutin semua rangkaian doa, kadang-kadang waktunya berdiri dia malah duduk ya tingkahnya kayak ga menghargai orang lain yang butuh ketenangan buat berdoa dan ga menghargai Yesus Kristus yang hadir saat misa.

It's funny story dimana ada orang yang berani berbuat seenaknya di gereja tanpa ngerasa malu sedikit pun. Tapi, yang aku liat justru bukan dia malu atau engganya, aku justru melihat si om ini menjalankan iman alias beribadah ke gereja tapi attitude atau perbuatannya ga sama sekali mencerminkan kalo dia itu punya iman dalam mengikuti Tuhan. So, guys percuma ajah kita dateng ke gereja cuman buat ngobrol-ngobrol, maen hape, dan ga konsentrasi ke misa. Itu semua ga ada gunanya di mata Tuhan, kita punya iman tapi perbuatan menghargai Kristus yang hadir saat misa itu nol besar, seperti kata Yakobus : "Iman tanpa perbuatan adalah mati" atau kata kitab Pengkotbah : "Segala sesuatu adalah sia-sia"


Dengan kita ngikutin misa dengan khusyuk banyak manfaatnya buat kita, hati kita jadi lebih damai, tentram, dan tentunya semakin dekat dengan cinta kasih Tuhan. Sebaliknya, ngikutin misa asal-asalan justru nambah dosa kita dan kita jadi pribadi yang buta akan kasih Tuhan karena ga ngerasain damainya dan ga ngerasain kasih Tuhan yang begitu besar yang diulang/dirayakan kembali dalam Ekaristi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar