Selasa, 18 Juli 2017

Aplikasi Wajib Buat Laptop Anak Kuliahan

Haloo guysssss.., kita bakal omongin seputar persiapan kuliah, khususnya persiapan PC/laptop elo yang bakal jadi senjata andalan mahasiswa dan mahasiswi.
from : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSqQO2NaE9YzmZjIYtW5oFio9n2FNOm7Aj5OWJs9gjO_yuj6mm8

Jadi MAHAsiswa, apalagi sih kalo bukan tugas. Come on guys, sebelum tugas datang menyerang kita harus udah siap duluan. Berdasarkan hasil riset gue sendiri -riset ilegal alias riset abal-abal- banyak tugas kuliah yang dibantu sama beberapa aplikasi berikut. Jadi menurut gue, elo harus siapin laptop elo dengan aplikasi-aplikasi ini. Yang belum punya, buruan download deh dari pada nunggu dibutuhin baru searching sana sini link downloadnya.



1. Microsoft word dan konco-konconya
Ini aplikasi paling cetek (dasar maksudnya) yang harus elo punya. Ini paling dasar dan pasti bakal digunain. Power point buat bikin presentasi dan excel juga gak kalah penting. Gak cuman anak akuntansi yang butuh excel loh, dengan adanya excel ini bikin penghitungan yang mau dibikin grafik di power point atau word jadi lebih gampang. Penting banget buat ngerti cara pake ketiga aplikasi ini. Buat yang punya versi 2010, kalian harus pertimbangkan kalo versi 2010 spacenya suka berantakan kalo dibuka di 2007 jadi kalian harus pake trik atau di publish ke pdf (buaf yang gak mau diedit lagi di tempat lain). Repot kan kalo ke warnet ternyata makalah 20 lembar spacenya berantakan semua :')

2. Save as PDF
Buat yang Word versi 2007, Wordnya kaga nyediain opsi buat nge expor karya elu dalam bentuk pdf. But, don't worry, kalian cukup download Save as PDF dan kalian bisa nge publish kerjaan kalian di word dalam bentuk pdf. Buat 2010, kurang tau sih udah disediain dari sana apa kalian harus download. Elo bisa searching di google "Microsoft Add in Save as PDF", biasanya ada juga di official webnya microsoft karena sebenernya aplikasi ini resmi. Setelah diinstal, pakenya bisa langsung dari wordnya, tinggal klik Office Button -> Save as PDF/Publish. Jadi cara pakenya gak ribet sih. 

Aplikasi ini penting banget, percaya gak percaya kalo kalian gak "ngunci" dulu dengan dijadiin pdf biasanya suka berubah kalo dibuka lagi di warnet dan tempat print. Apalagi kalo font warnet sama font komputer elo beda. Jadi kalian harus ubah dulu ke pdf biar aman. 

3. WinZip, Winrar (pokoknya nama aplikasinya Winzip)
Gak kayak Microsoft Word dan konco-konconya yang pasti available di semua PC, kadang-kadang gak dikasih dari pas lu beli. Tapi ini menurut gue penting banget. Beberapa manfaat yang udah gue rasain dengan aplikasi ini :

- Bisa buat ngeringkes file. Gue sering banget kalo bikin makalah itu dipisah-pisah filenya, judul dibikin file sendiri, kata pengantar sendiri, daftar isi sendiri, dll. Nah kita bisa ngegabung semuanya di folder sih, tapi buat dikirim lewat email gue sering jadiin ke winzip dulu jadi lebih ringkes dan gak makan banyak size.

- Bisa ngecompress. Dibikin lebih kecil sizenya

- Sering banget dapet file dari email atau download bentuknya Winrar, kalo kita punya Winzip tinggal di extract ajah deh. Makanya menurut gue harus punya, soalnya banyak file bertebaran di internet bentuknya begitu, harus dibuka pake winzip

4. Corel draw atau aplikasi sejenis yang elo suka
Penting banget, gue sering pake ini buat bikin sesuatu yang bisa mempercantik slide presentasi, buat poster atau project apapun buat tugas maupun organisasi, dan buat bikin CV lewat sini juga bisa. Selain corel, adobe illustrator gue rasa cukup bagus sih cuman i think lebih simple corel draw. 

5. Pdf viewer
Ini sih penting pake banget ya, kaga usah gue jelasin deh. 

6. Media Player Classic
Gue saranin, selain punya pemutar video bawaan laptop elo, elo harus punya Media Player Classic karena ini fleksibel buat baca banyak file, terutama yang format .mkv

7. Camtasia, Wondershare, atau Corel Video Studio Pro
Pilih salah satu yang elo suka. Sejauh gue pake Camtasia and Corel, ada beberapa +- nya sih. 

Camtasia
+ Gampang dipake
+ Pilihan gaya buat ganti slidenya banyak
- Suka error kalo di laptop gue
- Ngerender nya suka bikin hang di laptop gue


Corel
+ Banyak template ala-ala bikin film. Contoh bagian ending yang biasa ada di film-film yang isinya nama produser, pemain, dll. (Gatau tuh camtasia ada engga)
+ Ngerendernya cepet dan ringan 
- Lebih susah pakenya, udah berapa kali pake suka masih bingung

Kesimpulannya gue tetep lebih pro ke camtasia sih, cuman mungkin waktu itu gue salah ambil versi jadinya hang gitu (ambil yg 64 bit padahal komp gue 32 bit). Mungkin next time gue coba download camtasia dan kasih reviewnya ke kalian ya!


Nah itu dia aplikasi yang menurut gue penting ada di laptop anak kuliahan dan sangat menunjang kehidupan kuliah. So, kalo kalian ngerasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share lohh! Thank you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar