Minggu, 01 Juni 2014

Smoothies Segar dan Menyehatkan

Smoothies, salah satu minuman yang boleh dibilang masih "saudara" sama jus ini menjadi minuman sehat yang eksis akhir-akhir ini. Ternyata, smoothies, minuman elite yang awalnya nampang di restaurant mahal bisa dibuat sendiri loh di rumah :) cara membuatnya pun simple dan bisa pake bahan buah-buahan yang kamu mau...



Contohnya "Banana Strawberry Smoothies" yang berikut ini :


Bahan:

  • 1 buah pisang, lalu kupas, bekukan dan potong potong
  • ½ gelas strawberry
  • ¾ jus nanas
  • 1 scoop bubuk protein
  • 1 sdm yoghurt
  • Es batu sesuai selera

Cara membuat:

  1. Masukkan pisang yang telah dipotong potong, strawberry dan jus nanas ke dalam blender, dan juga yoghurt.
  2. Nyalakan blender dengan kecepatan tinggi
  3. Tunggu hingga halus
  4. Sajikan ke dalam gelas
  5. Tambahkan es batu sesuai selera
Membuat smoothies gampang dan praktis. Bisa ditambahin daunt mint atau strawberry di atasnya sebagai pemanis. Smoothies juga bisa dinikmatin pas cuaca panas untuk menyegarkan tubuh, sebagai sarapan, dan cemilan di rumah. Mengkonsumsi smoothies tentunya baik bagi tubuh karena kandungan yang dimiliki oleh buah, bubuk protein, juga yoghurt yang bisa dinikmati sekaligus. Untuk yang sedang diet, sebaiknya jangan tambahkan bahan-bahan yang berikut ini :

1. Gula
Gula dalam bentuk olahan apapun adalah salah satu bahan smoothies yang paling buruk. Jika Anda menggunakan bubuk protein atau yogurt, pastikan bahan tersebut tidak mengandung gula seperti gula halus, sari tebu atau pemanis buatan seperti aspartam. Gula olahan akan meningkatkan gula darah Anda dan secara bersamaan menghambat penurunan berat badan Anda. Rasa manis bisa didapatkan secara alami dari buah-buahan.

2. Terlalu Banyak Buah
Buah adalah makanan sehat, tetapi ketika Anda mencampurkan terlalu banyak ke dalam smoothie, juga akan menambah asupan gula berlebihan. Baik itu alami atau tidak, konsumsi gula terlalu banyak membuat tubuh tidak efisien untuk membakar lemak dan membangun otot seperti yang dilakukan oleh protein, lemak dan serat. 

3. Selai Kacang
Selai kacang akan membuat smoothie terasa lebih gurih dan creamy, tetapi juga menambah kalori. Belum lagi jika selai tersebut banyak mengandung gula dan mentega. Jika ingin mendapatkan rasa yang lebih creamy, sebaiknya ganti dengan Chia seed, flax seed atau biji matahari yang banyak mengandung serat untuk membantu mengontrol gula darah.

4. Yoghurt
Yoghurt merupakan salah satu campuran yang populer dalam smoothies. Tapi kebanyakan yoghurt yang digunakan mengandung gula, lemak dari susu dan perasa buatan. Jika ingin menambahkan yoghurt, pastikan yoghurt tersebut tidak mengandung lemak apabila terbuat dari susu dan tanpa gula. Lemak dalam yoghurt yang berbasis susu sebagian besar adalah lemak jenuh hewani yang harusnya Anda hindari. Setiap Anda ingin menambahkan yoghurt, pilihlah plain yoghurt rendah atau bebas lemak.

5. Bubuk Protein
Jika Anda ingin menambahkan bubuk protein ke dalam smoothies, usahakan memakai bubuk yang organik, bukan yang memiliki pemanis buatan, MSG, susu, kedelai dan sebagainya yang tidak diperlukan dalam smoothie. Bubuk protein organik juga dapat menstabilkan gula darah Anda.

6. Karbohidrat
Karbohidrat bukanlah sesuatu yang harus Anda hindari sepenuhnya. Tetapi jika Anda ingin menambahkannya ke smoothie, pastikan sebagian besar isi karbohidrat berasal dari serat, bukan gula. Gunakan Chia seed, sayuran hijau, buah-buahan dengan rendah gula, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sumber-sumber karbohidrat ini mengandung serat dalam jumlah tinggi dan tidak mengandung gula.

7. Susu
Susu mempunyai kalori yang tinggi dan dapat mengulur penurunan berat badan. Sebaiknya Anda membuat susu almond sendiri dirumah, jika Anda ingin yang lebih praktis, belilah susu non-dairy tanpa pemanis buatan yang rendah kalori dan tidak mengandung gula. Seperti susu kedelai atau susu dari beras.


Mango Smoothies

Smoothies itu termasuk minuman yang ga ngebosenin, karena banyak varian buah-buahan yang bisa kita campur dalam smoothies tersebut. Dapet segernya, dapet sehatnya juga :)


sumber :
http://caragini.blogspot.com/2014/02/cara-membuat-strawberry-banana-smoothie.html
http://wolipop.detik.com/read/2013/10/14/080751/2385762/849/7-bahan-yang-harus-dihindari-saat-membuat-smoothies-untuk-diet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar